Epilepsi Bisa Picu Disabilitas hingga Kematian, Ketahui 5 Upaya Turunkan Risikonya

Epilepsi Bisa Picu Disabilitas hingga Kematian, Ketahui 5 Upaya Turunkan Risikonya

Liputan6.com, Jakarta – Kebanyakan pasien epilepsi dapat menjalani kehidupan dengan baik. Namun, mengidap epilepsi dapat meningkatkan risiko komplikasi serius, disabilitas, dan kematian.

Menurut terapis okupasi Forest Miller, beberapa faktor yang yang meningkatkan risiko kematian pada pasien epilepsi adalah:

Memiliki masalah kesehatan tambahan yang serius
Cedera saat kejang
Kejang yang berlangsung lebih dari lima menit (status epileptikus).

Kematian mendadak yang tidak terduga pada epilepsi jarang terjadi. Penyebabnya masih belum jelas, tapi risiko ini mungkin lebih tinggi pada orang yang mengalami kejang berat yang tidak terkontrol.

Maka dari itu, epilepsi membutuhkan lebih dari sekadar pengobatan untuk ditangani. Namun, dibutuhkan pula kerja sama antara pasien dengan penyedia layanan kesehatan untuk menyusun rencana perawatan di luar fasilitas kesehatan.

Lebih lanjut Miller menjelaskan, epilepsi adalah kejang berulang akibat gangguan pola aktivitas listrik di otak.

“Kondisi ini perlu ditangani dengan banyak pertimbangan dan membutuhkan banyak manajemen diri,” mengutip tulisan yang ditinjau ulang oleh Miller mengutip VeryWell Health, Kamis (7/9/2023).

Mengingat kejang akibat epilepsi dapat berakibat fatal, maka salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menurunkan risikonya adalah dengan mengelola keamanan lingkungan. Lingkungan ini termasuk di rumah, sekolah, hingga tempat kerja.

Istri korban menceritakan, saat suaminya terjatuh ke dalam sumur, ia sedang berada di pekarangan rumah.

maxwin138
maxwin138
maxwin138
epicwin138
epicwin138
epicwin138
pargoy88
polasot138
polasot138
besti69
besti69

Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *